1 Mata Uang Sakti Bitcoin Di Januari Us$ 13, Kini Us$ 1.200

1 Mata Uang Sakti Bitcoin Di Januari Us$ 13, Kini Us$ 1.200


Jakarta - Nilai tukar uang dunia maya atau virtual currency, Bitcoin, sudah melonjak sangat tinggi. Awal tahun ini harganya masih US$ 13 tapi hingga hari ini sempat menyentuh nilai tertingginya di kisaran US$ 1.200.

Pada perdagangan hari ini ibarat dikutip dari MT.Gox situs trading khusus Bitcoin, Rabu (11/12/2013), harga terakhir Bitcoin diperdagangkan di US$ 1.011 per bit.

Posisi terendahnya hari ini di US$ 925 per bit, sedangkan tertingginya ada di US$ 1.067 per bit. Sebanyak 19.984 Bitcoin sudah ditransaksikan.

Mata uang maya ini memang makin terkenal akhir-akhir ini. Namun sebab statusnya yang masih di area abu-abu, Bitcoin banyak dipakai untuk transaksi yang ilegal. Contohnya di sini.

Maka dari itu beberapa negara, ibarat Korea Selatan dan China, sudah melarang penggunaan Bitcoin dalam bertransaksi. Otoritas negara lain ibarat Prancis dan Thailand pun sudah was-was mengenai peredaran mata uang gres yang dikenal 'sakti' ini.

Sampai ketika ini Bank Indonesia (BI) masih mencari legalitas dari penggunaan Bitcoin. Di Indonesia pun memang sudah beredar dan banyak yang mulai bertransaksi memakai mata uang tersebut.

"Tetapi kita belum dapat mengeluarkan pernyataan lebih jauh. Kita masih dalam tahapan untuk mengkajinya. Bagaimana legalitas dan proses pengawasannya," kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Difi Johansyah.

Lebih jauh Difi mengatakan, masyarakat perlu berhati-hati dalam bertransaksi dengan Bitcoin. Karena, sambungnya tidak ada forum yang mengawasinya.

"Jika suatu hal terjadi kepada nasabah, BI tidak dapat juga bertanggung jawab. Makara ketika ini imbauan saja semoga berhati-hati," kata Difi.

Jadi apakah Bitcoin ini dapat jadi mata uang dunia di masa depan?




Sumber detik.com

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama
Header Ads
Ads2