Bandar Uang Sakti Bitcoin Di India Setop Beroperasi

Bandar Uang Sakti Bitcoin Di India Setop Beroperasi


New Delhi - Pedagang atau merchant uang virtual Bitcoin terbesar di India menghentikan sementara operasinya, sehabis bank sentral India memperingatkan ancaman dari penggunaan uang virtual tersebut.

Adalah BuySellBitCo.in, bandara yang menutup sementara operasinya tersebut, sebab peringatan dari Reserve Bank of India selaku bank sentral di negeri hindustan.

"Kami menghentikan sementara operasi jual-beli Bitcoin hingga kami dapat mendapat citra terang dari operasi ini," demikian pernyataan BuySellBitCo.in menyerupai dikutip dari AFP, Sabtu (28/12/2013).

Bank sentral India memberi peringatan soal ancaman penggunaan Bitcoin, yang dapat dipakai untuk aktivitas jual-beli di internet. Penggunaan Bitcoin mulai terkenal di India.

"Tidak ada underlying atau dasar dari uang virtual, apapun bentuknya, dan nilai dari uang virtual ini terbentuk lebih sebab spekulasi," kata bank sentral India dalam pernyataannya.

Apalagi selama ini memang volatilitas atau pergerakan dari nilai Bitcoin sangat tajam.

Namun, sebab pengaturan mata uang ini bukanlah kewenangan dari bank sentral dimanapun, maka tidak ada dukungan kepada pengguna jikalau terjadi penipuan.

Peringatan dari bank sentral India ini mengikuti peringatan serupa yang dilakukan oleh bank sentral China, sebab penggunaan Bitcoin yang makin marak di negara tirai bambu tersebut. Sampai ketika ini, penemu dan pembuat Bitcoin masih misterius.

Untuk BuySellBitCo.in sendiri, dalam sebulan dapat melaksanakan transaksi jual-beli Bitcoin senilai 12 juta rupee. Di India, ketika ini 1 Bitcoin dinilai 48.039 rupee (US$ 776) atau sekitar Rp 7,7 juta.

Nilai 1 Bitcoin memang terus meroket, dari hanya beberapa sen di 2010 menjadi US$ 1.200 atau Rp 12 juta pada Desember 2013 lalu. Namun nilai ini kembali jatuh.





Sumber detik.com

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama
Header Ads
Ads2