Bi Sudah Temukan Dua Merchant Penjual Mata Uang Sakti Bitcoin

Bi Sudah Temukan Dua Merchant Penjual Mata Uang Sakti Bitcoin


Jakarta - Bank Indonesia (BI) sengaja membentuk tim khusus untuk menelusuri segala transaksi yang memakai mata uang 'sakti' Bitcoin. Bank sentral pun telah menemukan dua merchant yang memperdagangkan uang digital ini.

"Sejauh ini BI telah menemukan dua merchant yang sudah mengatakan penggunaan Bitcoin. Tapi di luar Jawa semua," kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Difi Johansyah kepada detikFinance, Rabu (11/12/2013).

Bitcoin merupakan mata uang digital yang diperkenalkan di dunia pertama kali pada 2009 oleh seorang tak dikenal yang memakai nama alias Satoshi Nakamoto.

Dalam transaksi Bitcoin, tidak memakai perantara, atau tanpa bank. Selain itu, tidak ada komisi atau biaya manajemen untuk tiap transaksi. Setiap pembeli juga tidak perlu mengatakan nama asli.

Dikatakan Difi, BI mencari lebih jauh wacana Bitcoin dari sisi legalitas dan landasan aturan di Indonesia. Hal ini juga sebagai bentuk tunjangan nasabah.

"Kita ingin lihat landasan aturan penggunaan Bitcoin ini sebagai alat pembayaran," katanya.

"Jangan hingga ada nasabah nanti yang merasa kecewa alasannya memakai Bitcoin sebagai alat transaksi," imbuh Difi.

Seperti diketahui, beberapa otoritas di aneka macam negara tengah dihebohkan oleh munculnya sejenis mata uang gres berjulukan Bitcoin. Mata uang ini dipakai untuk membeli aneka macam macam jenis barang secara internasional dari ponsel hingga mobil.




Sumber detik.com

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama
Header Ads
Ads2