Korea Dan China Larang Pemakaian Mata Uang Sakti Bitcoin, Bagaimana Ri?

Korea Dan China Larang Pemakaian Mata Uang Sakti Bitcoin, Bagaimana Ri?


Jakarta - Otoritas moneter di Korea Selatan dan China sudah melarang penggunaan mata uang digital Bitcoin dalam bertransaksi. Otoritas negara lain menyerupai Prancis dan Thailand pun sudah was-was mengenai peredaran mata uang gres yang dikenal 'sakti' ini.

"Bank sentral China dan Korsel telah melarang penggunaan Bitcoin di negaranya masing-masing, alasannya Bitcoin tidak memenuhi kriteria sebagai uang," kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Difi Johansyah kepada detikFinance, Rabu (11/12/2013).

Ia juga menjelaskan, otoritas Prancis pun mengimbau warganya untuk tidak percaya begitu saja dengan Bitcoin. "Serta mempelajari lebih jauh risiko yang ada. Prancis meminta kedewasaan masyarakatnya sebelum ikut memakai mata uang tersebut," kata Difi.

Sementara, bank sentral Thailand mengeluarkan pernyataan kalau seluruh pelaku perjuangan diimbau untuk tidak memakai Bitcoin. Bagaimana dengan Indonesia?

Difi menuturkan hingga ketika ini BI masih mencari legalitas dari penggunaan Bitcoin. Di Indonesia pun memang sudah beredar dan banyak yang mulai bertransaksi memakai mata uang tersebut.

"Tetapi kita belum dapat mengeluarkan pernyataan lebih jauh. Kita masih dalam tahapan untuk mengkajinya. Bagaimana legalitas dan proses pengawasannya," kata Difi.

Lebih jauh Difi mengatakan, masyarakat perlu berhati-hati dalam bertransaksi dengan Bitcoin. Karena, sambungnya tidak ada forum yang mengawasinya.

"Jika suatu hal terjadi kepada nasabah, BI tidak dapat juga bertanggung jawab. Kaprikornus ketika ini imbauan saja semoga berhati-hati," kata Difi.

Bitcoin merupakan mata uang digital yang diperkenalkan di dunia pertama kali pada 2009 oleh seorang tak dikenal yang memakai nama alias Satoshi Nakamoto.

Dalam transaksi Bitcoin, tidak memakai perantara, atau tanpa bank. Selain itu, tidak ada komisi atau biaya manajemen untuk tiap transaksi. Setiap pembeli juga tidak perlu memperlihatkan nama asli. Satu Bitcoin ketika ini setara dengan US$ 1.000 atau Rp 10 juta.




Sumber detik.com

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama
Header Ads
Ads2