Apa Untungnya Kalau Bitcoin Legal Di Indonesia?

Apa Untungnya Kalau Bitcoin Legal Di Indonesia?


Jakarta - Dalam dua tahun terakhir, penggunaan mata uang digital Bitcoin mulai marak di Indonesia. Bank Indonesia (BI) bahkan mulai tertarik untuk melaksanakan kajian. Agar sanggup mengantisipasi lebih dulu jikalau terjadi imbas jelek dari Bitcoin.

Bagaimana bila Bitcoin jadi legal di Indonesia?

CEO Bitcoin Indonesia Oscar Darmawan mengaku ada beberapa imbas konkret dari Bitcoin. Pertama ialah penerimaan pajak. Pemerintah sanggup menciptakan aturan terlebih dahulu pengenaan pajak secara terpisah untnuk transaksi Bitcoin ibarat Singapura.

"Kalau dilegalkan, teladan saja ya, ibarat Bank Sentral Singapura mereka kan mengatur aturan perpajakan terpisah, itu kan proses pemasukan tersendiri untuk Indoensia nantinya, kita harapannya ibarat itu. Kita kerjasama dengan money changer sesuai dengan aturan yang ditetapkan," ungkapnya kepada detikFinance, Selasa (21/1/2014).

Kemudian imbas konkret selanjutnya ialah penambahan devisa. Sebab menurutnya, bila aturan berhasil dirampungkan dengan cermat maka akan sanggup menarik investasi masuk ke dalam negeri.

"Kalau contohnya Bitcoin dilegalkan di Indonesia, kalau didukung BI, Dirjen pajak, Kemenkominfo mendukung, kita akan menjadi negara yang cukup populer di luar negeri. Sebagai yang populasinya besar, kalau ini dilegalkan, saya sanggup membayangkan investor luar egeri untuk membawa dolarnya masuk ke Indonesia bertransaksi Bitcoin," jelasnya.

"Itu akan membawa devisa tersendiri, itu tidak kecil. Anggap saja ibarat China. China Rp 1 triliun per hari kalau kita Rp 200 miliar per hari, itu kan devisa tersendiri. Sebagai warga negara yang baik, kita ingin negara kita lebih strong dari segi ekonomi," kata Oscar.

Akan tetapi, Ia mengingatkan poin yang dihentikan dilupakan ialah edukasi. Secara teknis Bitcoin sangat aman. Namun pengguna juga tetap harus memahami bagaimana prosedur termasuk risikonya.

"Bitcoin itu sangat aman. Tapi ini kembali ke pengguna. Dan itu harus dikembalikan penggunaannya juga ibarat apa," terangnya.

Ia berharap BI segera merumuskan payung aturan untuk Bitcoin dalam waktu dekat. Apapun yang menjadi keputusan BI, menurutnya akan siap untuk diterima.

"Kita ingin BI dan kita percaya BI punya administrasi yang luar biasa. Tadi kita bertemu dan melihat kineja BI itu luar biasa. Makara kita percaya suatu hari nanti BI akan mengeluarkan peraturan yang mendukung dari Bitcoin," tutupnya.




Sumber detik.com

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama
Header Ads
Ads2