Bitcoin Makin Mendunia, 100 Atm-Nya Bakal Dipasang Di Australia

Bitcoin Makin Mendunia, 100 Atm-Nya Bakal Dipasang Di Australia


Jakarta - Meski tak punya payung hukum, Bitcoin tetap beredar dan jadi primadona di mata uang digital. Demi menunjang perkembangan Bitcoin, Australia akan memasang 100 ATM Bitcoin tersebar di wilayahnya.

Seperti dikutip dari Gizmodo, Senin (3/2/2014), ATM yang disediakan oleh Australian Bitcoin ATM ini tidak hanya melayani penukaran uang tunai menjadi Bitcoin, tapi juga mencairkan mata uang digital itu menjadi uang fisik dengan cara cepat.

Pimpinan Australian Bitcoin ATM dalam wawancaranya dengan ABC menyatakan, cara kerja ATM ini tidak jauh berbeda dengan ATM konvensional. Nasabah tinggal menentukan berapa banyak Bitcoin yang ingin mereka lepas dan nanti akan keluar uang tunai sesuai dengan nilai tukarnya.

Nah, ATM ini juga mendapatkan setoran tunai untuk pembelian Bitcoin. Tinggal masukan uang ke dalam ATM, nanti nasabah akan mendapatkan besaran Bitcoin sesuai dengan nilai tukar yang berlaku.

Memang nilai tukar mata uang tak kenal aturan ini sangat fluktuatif. Harganya sanggup berubah-ubah dengan sangat tinggi hanya dalam hitungan detik. Dalam satu pekan terakhir saja, nilai Bitcoin bergerak di kisaran US$ 800-1.100 per bit.

Sebelumnya, ATM Bitcoin kedua di dunia hadir di Hong Kong simpulan Januari. Mesin tersebut akan disediakan oleh perusahaan software asal Amerika Serikat (AS), Robocoin.

Mesin ini juga akan dipasarkan kepada operator lain, ibarat bank atau institusi keuangan lainnya yang berminat. Sehingga pembelian dan pencairan Bitcoin menjadi uang tunai sanggup dilakukan dengan cepat dan mudah.

Sedangkan ATM Bitcoin pertama di dunia berada di Toronto, Kanada. ATM Bitcoin pertama di dunia ini terletak di 64 Spadina Avenue, di atas lahan perkantoran seluas 5.500 kaki persegi milik Bitcoin Decentral, sebuah perusahaan penambang Bitcoin di Kanada.

ATM ini dibangun oleh perusahaan asal Ottawa berjulukan BitAccess. ATM ini diperkenalkan kepada publik pada 1 Januari 2014 dan gres saja dibuka.


Sumber detik.com

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama
Header Ads
Ads2