Rusia Bilang Bitcoin Haram

Rusia Bilang Bitcoin Haram


Jakarta - Pemerintah Rusia mengambil perilaku atas mata uang digital yang makin terkenal belakangan ini yaitu Bitcoin. Negeri beruang merah itu menyatakan Bitcoin ilegal alias haram.

Pemerintah Rusia punya alasan kuat. Mereka menilai Bitcoin gampang disalahgunakan untuk basuh uang dan membiayai teroris alasannya transaksinya tidak sanggup dilacak. Situasi ibarat ini yang dinilai mengancam keamanan warga dan negara Rusia.

"Sistem pembayaran tanpa nama dan punya peredaran luas dengan nilai tinggi, yaitu Bitcoin dinyatakan dihentikan dipakai baik itu oleh individu maupun perusahaan berbadan hukum," kata Kejaksaan Tinggi Rusia dalam keterangan tertulis yang dikutip Reuters, Senin (10/2/2014).

Ia menambahkan, aturan Rusia menetapkan bahwa rubel yaitu satu-satunya mata uang resmi sehingga kalau ada mata uang lain yang muncul itu tidak diperbolehkan alasannya dianggap melanggar hukum.

Bank sentral Rusia sebelumnya sudah menyampaikan pada 27 Januari 2014 bahwa transaksi Bitcoin sangat spekulatif dan membawa risiko besar yaitu kerugian dalam waktu singkat.

"Para warga dan tubuh aturan baik sengaja maupun tidak sanggup terlibat dalam acara ilegal, termasuk pembersihan uang hasil kejahatan, maupun pendanaan terorisme," katanya.

Kantor Kejaksaan Rusia akan bekerja sama dengan bank sentral dan forum penegak aturan lainnya untuk memperketat peraturan dan mencegah pelanggaran aturan atas penggunaan Bitcoin di negara yang dipimpin Presiden Vladimir Putin tersebut.

Hal ini berbeda dengan yang diterapkan negara-negara Asia terhadap Bitcoin. Asia lebih terbuka dan tulus dalam mendapatkan kehadiran Bitcoin.

Hong kong mendapatkan Bitcoin dengan baik bahkan berencana membuka ATM Bitcoin kedua di dunia sehabis Kanada. Sementara Singapura sudah menyusun cara agar sanggup menarik pajak dari transaksi Bitcoin.

Sedangkan di Indonesia Bitcoin dinyatakan bukan merupakan alat pembayaran yang sah. Alat pembayaran sah satu-satunya di Indonesia yaitu rupiah. Bank Indonesia (BI) resmi mengeluarkan perilaku atas Bitcoin dan meminta masyarakat berhati-hati alasannya hukumannya pidana.


Sumber detik.com

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama
Header Ads
Ads2