Mendag Lutfi Akui Tak Paham Soal Bitcoin

Mendag Lutfi Akui Tak Paham Soal Bitcoin


Jakarta - Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi mengakui tak paham dengan fenomena mata uang virtual Bitcoin. Ia pun belum berpikir untuk menciptakan hukum terkait fenomena yang mengglobal ini.

"Saya untuk urusan Bitcoin ya itu begini kita mau buat aturannya tetapi untuk Bitcoin tendensi saya untuk hari ini ialah untuk tidak mengikuti Bitcoin," kata Lutfi dikala ditemui di Kantor Kementerian Perdagangan Jalan Ridwan Rais Jakarta, Jumat (21/03/2014).

Ia belum tahu banyak apa itu Bitcoin dan bagaimana cara penggunaan mata uang virtual ini. "Saya nggak ngerti (bitcoin) masalahnya bitcoin itu apa dan permainannya apa," imbuhnya.

Kementerian Perdagangan (Kemendag) belum akan mengeluarkan hukum mengenai peredaran Bitcoin. Saat ini memang sudah ada Undang-undang Perdagangan yang mengatur soal e-commerce (perdagangan online), namun Bitcoin tidak masuk dalam ranah yang diatur.

"Karena tidak mengerti permainan itu tendensi saya hari ini kita nggak mau ikut campur. Customer kita kan hari ini tidak mengerti dan sesuatu yang tidak terang juga berbahaya," jelasnya.

Bitcoin merupakan mata uang digital yang diperkenalkan di dunia pertama kali pada 2009 oleh seorang tak dikenal yang memakai nama alias Satoshi Nakamoto. Dalam transaksi Bitcoin, tidak memakai perantara, atau tanpa bank. Selain itu, tidak ada komisi atau biaya manajemen untuk tiap transaksi. Setiap pembeli juga tidak perlu menunjukkan nama asli.

Saat ini, sudah banyak merchant yang mendapatkan transaksi Bitcoin. Dengan mata uang digital ini, Anda sanggup membeli pizza, biaya memasang website, sampai barang-barang lainnya.

Bitcoin juga dinilai sebagai transaksi yang sederhana dan murah, alasannya ialah pembayaran tidak terikat pada negara tertentu dan tanpa regulasi. Pelaku perjuangan mikro sangat menyukai transaksi menyerupai ini alasannya ialah tidak ada biaya kartu kredit. Sejumlah orang hanya membeli Bitcoin sebagai investasi, dan berharap nilainya sanggup meningkat dalam waktu tertentu.




Sumber detik.com

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama
Header Ads
Ads2