Bitcoin Cetak Rekor, Bank Sentral Eropa: Ketidakpastiannya Besar

Bitcoin Cetak Rekor, Bank Sentral Eropa: Ketidakpastiannya Besar

Foto: Getty ImagesFoto: Getty Images

Jakarta - Nilai tukar mata uang virtual bitcoin terus mengalami pergerakan. Akhir November ini bitcoin tembus rekor harga tertinggi yakni US$ 10.000 per keping atau setara dengan Rp 135 juta.

Chairman European Central Bank (ECB) Vitor Constancio mengungkapkan investor yang bermain di pasar bitcoin mempunyai risiko besar dengan harga yang terlampau tinggi.

"Ini yaitu aset khusus yang berpotensi dispekulasi kalau dilihat dari pergerakan harganya. Para investor yang membeli dengan harga itu akan mendapat risiko yang tinggi," kata Constancio dikutip dari CNBC, Kamis (30/11/2017).

Dia menjelaskan, dalam beberapa tahun terakhir harga bitcoin berada di bawah US$ 1.000 per keping, sebelum hasilnya mencetak rekor menjadi US$ 10.000 per keping. Pada awal pekan ini, kapitalisasi pasar cryptocurrency secara global tembus US$ 300 miliar. Ini memperlihatkan minat masyarakat terhadap mata uang digital terus meningkat.

Constancio menjelaskan, harga bitcoin fluktuasinya memang tinggi. Namun harga ini tidak mempunyai hukum apapun di pasar.

Bank sentral Eropa, berdasarkan dia, enggan memperlihatkan sinyal faktual untuk mengakui mata uang virtual. ECB dalam sebuah konferensi pers pada Oktober kemudian menyebutkan bahwa cryptocurrency tidak cukup 'matang' untuk mendapat pertimbangan ECB dalam membuat peraturan.

"Memang hal gres akan membuat keinginan besar untuk orang lain, tapi ketidakpastiannya juga besar. Saat ini kami sedang memikirkan soal bitcoin dan cryptocurrency. Tapi kami menganggap teknologinya tidak cukup 'matang' untuk pertimbangan peraturan kami," terperinci dia.

Dia menyebutkan, bank sentral belum akan mengatur cryptocurrency secara serius. Menurut dia, bank sentral tidak akan bertanggung jawab kalau terjadi hal apapun yang dialami pengguna bitcoin.

CEO JPMorgan Jamie Dimon menjelaskan, cryptocurrency berpotensi untuk berkembang di negara tersebut.

Pergerakan harga bitcoin diprediksi belum akan berakhir dalam waktu dekat. Seorang fund manager menyebutkan bitcoin dapat terus bergerak sampai ke posisi US$ 40.000 pada simpulan tahun depan.

Sumber detik.com

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama
Header Ads
Ads2