Kapitalisasi Pasar Bitcoin Diproyeksi Kalahkan Walmart

Kapitalisasi Pasar Bitcoin Diproyeksi Kalahkan Walmart

Foto: Getty ImagesFoto: Getty Images

Jakarta - Nilai tukar bitcoin terus mengalami pergerakan yang signifikan jelang simpulan tahun ini. Padahal awal tahun, bitcoin masih di kisaran ratusan dolar, namun sekarang diramal dapat tembus US$ 10.000 per kepingnya atau setara Rp 135 juta (kurs Rp 13.500).

Mengutip Reuters, menurut website Coinmarketcap secara peningkatan harga bitcoin menyebabkan pangsa pasar atau market cap bitcoin mencapai US$ 163 miliar. Perhitungan ini kalau jumlah bitcoin yang beredar dikalikan dengan harga tukar ketika ini.

Kapitalisasi pasar cryptocurrency ini diproyeksi dapat tembus US$ 300 miliar. Jumlah ini diperkirakan dapat lebih besar daripada Walmart. Namun pergerakan harga yang cepat di pasar kripto ini menciptakan bank sentral, investment bankers dan investor menunjukkan peringatan kalau bitcoin akan bubble.

Berdasarkan data Reuters kapitalisasi pasar Wal-Mart tercatat US$ 288,6 miliar. Dengan share outstanding mencapai US$ 2,98 miliar.

Bahkan ada kabar yang beredar, kalau regulator di Barat dapat segera bertindak ibarat menutup perdagangan ibarat di China, yang perdagangannya ditutup tahun ini.

"Bank sentral selaku regulator niscaya mengetahui cryptocurrency dengan sistem blockchain ini dapat kuat besar. Namun juga akan berdampak kepada stabilitas dan kalau tidak diawasi," kata seorang kawan fintech di Firma Hukum Ashrust London dikutip dari Reuters, Selasa (28/11/2017).

Kemudian, ia menyebutkan salah satu pesaing bitcoin ethereum atau ethereal juga mencatatkan kenaikkan signifikan, tahun ini naik lebih dari 6000%. Pada Senin mencapai titik tertinggi ialah US$ 500, transaksi penutupan mendekati US$ 50 miliar.

Sumber detik.com

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama
Header Ads
Ads2