Melambung Dan Alhasil Jatuh, Nilai Bitcoin Dapat Kembali Naik?

Melambung Dan Alhasil Jatuh, Nilai Bitcoin Dapat Kembali Naik?

Foto: Getty ImagesFoto: Getty Images

London - Nilai bitcoin terhadap dolar AS merosot hampir 1/5 dalam waktu 10 jam pada Jumat lalu. Padahal 48 jam sebelumnya, nilai bitcoin melonjak lebih dari 40%. Pasar mengkhawatirkan harga yang terus merosot lantaran pergerakan yang sangat cepat.

Mengutip bitcoin.com sampai Sabtu (9/12) nilai bitcoin tercatat US$ 15.670 per keping. Melansir Reuters, pada Kamis, bitcoin melonjak dari posisi di bawah US$16.000 menjadi US$ 19.500 dalam waktu kurang satu jam di bursa GDAX yang berbasis di Amerika Serikat (AS).

Namun, berdasarkan salah satu bursa perdagangan terbesar di dunia, Bitstamp yang berbasis di Luxemburg harga bitcoin bergerak dimulai dari posisi US$ 15.900. Sejumlah pengamat pasar menyebutkan, kenaikan harga tersebut disebabkan lantaran akan diluncurkannya pesaing bitcoin di bursa perdagangan virtual currency ini.


Pada Bitstamp, Jumat harga bitcoin sempat naik ke posisi US$ 16.666 per keping, kemudian turun lagi menjadi US$ 13.482 per keping.

Reuters melaporkan, pada Minggu sebuah bursa perdagangan Cboe Global Markets yang berbasi di Chicago akan meluncurkan mata uang digital yang gres ahad ini.

Analis pasar senior OANDA di London, Craig Erlam menjelaskan dengan peluncuran tersebut kemungkinan investor melaksanakan agresi ambil untung atau profit taking dari pergerakan harga bitcoin jelang peluncuran Cboe.

"Harga bitcoin ini juga berpotensi untuk menurun, tapi akan ada rebound ibarat sebelumnya," ujar Erlam dikutip dari Reuters, Sabtu (9/12/2017).


Seiring peluncuran Cboe, sejumlah bank besar AS ibarat JPMorgan CHASE dan Citigroup tidak segera menghentikan perdagangan bitcoin untuk klien yang ingin bertransaksi di perdagangan berjangka.

Saat bitcoin merosot, mata uang virtal lainnya mengalami pergerakan. Seperti Ethereum yang menempati posisi kedua, ia naik 8%. Berdasarkan Coinmarketcap, ahad ini bitcoin mencatatkan peningkatan harga yang tinggi. Bahkan lebih dari 15 kali lipat, kenaikan ini memicu kekhawatiran pasar akan terjadi bubble.

Analis pasar di Forex.com yang berbasis di London menejelaskan dengan kenaikkan harga ini terjadi ibarat , pelaku pasar mempunyai kecenderungan untuk mengikuti pergerakan uangnya.

"Jadi saat nilai bitcoin naik per hari, ribuan dolar, akan ada spekulan terburu-buru untuk membeli virtual currency ini," imbuh dia.

Sumber detik.com

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama
Header Ads
Ads2