Rudiantara: Aku Siap Blokir Bitcoin Jikalau Dihentikan Bi

Rudiantara: Aku Siap Blokir Bitcoin Jikalau Dihentikan Bi

Foto: ReutersFoto: Reuters

Jakarta - Investasi uang virtual bitcoin di Indonesia sampai dikala ini belum mempunyai izin. Pemerintah siap blokir bitcoin di Indonesia jikalau dihentikan Bank Indonesia.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyampaikan bahwa pemerintah siap mendukung semua regulasi yang ditetapkan oleh Bank Indonesia atau Otoritas Jasa Keuangan terkait bitcoin.

"Saya dukung, kalau dihentikan saya blok. Bitcoin ini kan bukan digital currency menurut saya, ini komoditas barang, misalkan saya beli ponsel ini Rp 10 juta, sama dia dibeli Rp 15 juta, ini bitcoin namanya, dipindah pindahin, nanti kalau mau beli sesuatu digunakan ini. Saya sih ikut BI alasannya yaitu yang mengatur sistem moneter ini kan BI," terang Rudiantara di Jakarta, Selasa (12/11/2017).

Sementara itu, Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK, Hoesen menyampaikan bahwa sampai dikala ini invesatsi bitcoin belum mempunyai izin. Pasalnya, investasi bitcoin tersebut belum dilakukan secara terbuka.

"Belum ada izinnya. Investasi bitcoin kan belum kita atur, alasannya yaitu belum dilakukan secara terbuka," kata Hoesen.

Hoesen pun menyampaikan bahwa pihaknya akan mengatur regulasi terkait investasi. Tak hanya investasi bodong, regulasi investasi bitcoin juga akan dilakukan.

"Oh iya kita akan mengatur mengenai itu, regulasi mengenai investasi. Terutama untuk investasi bodong, kan sudah ada satgasnya. Kami ingat ke masyarakat dicek dulu dasar hukumnya atau tidak," sebutnya.

Ia juga menjelaskan terkait risiko dari investasi bitcoin tersebut pada industri perbankan. Misalnya pelaku perbankan yang beralih memakai teknologi dibandingkan bank konvensional.

"Ancaman ke depan, risiko bahwa orang beralih bank ke konvensional ke teknologi kalo nggak berubah ada pelaku perbankan yang andalkan ke teknologi," pungkasnya.



Sumber detik.com

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama
Header Ads
Ads2