Naik 56%, Ripple Berpotensi Jadi Pesaing Bitcoin

Naik 56%, Ripple Berpotensi Jadi Pesaing Bitcoin

Foto: Tim Infografis, Mindra PurnomoFoto: Tim Infografis, Mindra Purnomo

Jakarta - Mata uang digital, Ripple melonjak lebih dari 56% pada Jumat lalu. Nilai ini menyalip peningkatan ethereum sebagai uang kripto kedua sesudah bitcoin.

Dari CoinMarketCap nilai Ripple per hari ini (3/1) tercatat US$ 2,36 per keping, padahal pada Jumat tercatat US$ 2,23 per keping.

Mata uang digital ini mempunyai kapitalisasi pasar sebesar US$ 101,82 miliar jumlahnya terus bergerak dari Jumat kemudian yang hanya US$ 86,3 miliar. Ini menyalip ethereum yang kapitalisasi pasarnya US$ 85,52 miliar.

Kedua uang kripto tersebut memang bersaing memperebutkan posisi kedua di bawah bitcoin. Ripple yakni mata uang digital yang diperkenalkan oleh sebuah start-up yang menjalankan sistem blockchain yang berbasis di San Fransisco, Amerika Serikat (AS).

Perusahaan ini berbagi jaringan sistem pembayaran untuk bank, aset digital dan forum keuangan lainnya. Nantinya anggota atau member yang memakai jaringan tersebut memakai uang digital yang disebut XRP atau Ripple untuk bertransaksi.

Dengan Ripple transaksi diklaim dapat lebih cepat yakni hanya 4 detik, kalau memakai ethereum lebih dari 2 menit dan bitcoin lebih dari 1 jam untuk settlement.

Ripple mengklaim sudah lebih dari 100 forum keuangan yang memakai jaringannya. Dalam beberapa ahad terakhir, sejumlah bank di Korea Selatan dan jepang telah menguji sistem Ripple untuk pembayaran lintas bank.

Sumber detik.com

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama
Header Ads
Ads2