10 Tahun Lagi, Harga Bitcoin Katanya Cuma Rp 1,3 Juta

10 Tahun Lagi, Harga Bitcoin Katanya Cuma Rp 1,3 Juta

Foto: Australia Plus ABCFoto: Australia Plus ABC

Jakarta - Harga Bitcoin ketika ini masih tinggi. Namun hati-hati, 10 tahun lagi harga cryptocurrency ini diramal hanya akan ada di kisaran US$ 100 atau cuma sekitar Rp 1.350.000 per koinnya.

Demikian diungkapkan oleh profesor dan ekonom dari Universitas Harvard Kenneth Rogoff menyerupai dilansir CNBC, Selasa (6/3/2018).

"Saya rasa Bitcoin pada 10 tahun yang akan tiba lebih mungkin dihargai US$ 100 dari pada US$ 100.000," kata Rogoff.


Harga yang diprediksi Rogoff itu juga jauh dari harga Bitcoin yang berlaku ketika ini. Harga Bitcoin ketika ini berada di level US 11.200 atau sekitar Rp 151,2 juta.

"Pada dasarnya, jikalau Anda mengesampingkan kemungkinan dari pembersihan uang dan penghindaran pajak, penggunaan transaksi (Bitcoin) itu sangat kecil," katanya.

Bitcoin sering diasosiasikan dengan transaksi gelap, dan juga dipakai macam-macam transaksi ielgal. Shone Anstey, co founnder dan presiden Blockchain Intelligence buru-buru membantah. Dia mengatakan, level transaksi ilegal di Bitcoin sudah turun 20% di 2016 dan juga turun sangat signifikan di 2017.

Rogoff mengatakan, regulasi pemerintah dapat menjadi pemicu turunnya harga Bitcoin. Meski begitu, ia menekankan bahwa butuh waktu untuk menyusun suatu kerangka regulasi global yang tepat.


"Butuh regulasi global. Meski contohnya di Amerika Serikat menolak, di China juga menolak tapi di Jepang tidak, maka orang akan tetap dapat mencuci orang lewat Jepang," tuturnya.

Sementara itu, pengembangan hukum cryptocurrency ketika ini tergantung masing-masing negara. Jepang melegalisasi Bitcoin tahun lalu. Sementara negara lain ada yang menolak.


Sumber detik.com

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama
Header Ads
Ads2