Dipakai Menambang Bitcoin, Perangkat Ini Laku Manis

Dipakai Menambang Bitcoin, Perangkat Ini Laku Manis

VGA yang dipakai untuk menambang bitcoin (Foto: Achmad Dwi Afriyadi)VGA yang dipakai untuk menambang bitcoin (Foto: Achmad Dwi Afriyadi)

Jakarta - Perangkat keras komputer Video Graphics Accelerator (VGA) mulai diburu banyak orang semenjak merebaknya mata uang virtual menyerupai Bitcoin. Alhasil, perangkat tersebut laku anggun menjadi buruan dan sekarang mulai langka di pasaran.

VGA bahwasanya berfungsi untuk mengolah data grafis pada layar monitor. Namun, alat ini dipakai oleh pemburu Bitcoin untuk menambang (mining).

Yusyar Hilmi, pemilik toko YE Computer di Mangga Dua Mall mengatakan, ada beberapa alasannya ialah VGA mulai langka di pasaran. Di antaranya, lantaran terbatasnya barang dari distributor.

"Pertama barangnya limit dari luarnya. Selain itu dimanfaatkan distributor, bundling, misal VGA 1 main board 5, kebanyakan kayak gitu," kata beliau kepada detikFinance, di Mangga Dua Mall Jakarta, Jumat (2/3/2018).


Penyebab lain lantaran tingginya minat pada Bitcoin. Sehingga, perangkat ini terus dibeli oleh masyarakat.

"Peminatnya tinggi, mainin bitcoin. Bitcoin minimal 6 VGA. Satu komputer Bitcoin minimal 3-6 VGA," terangnya.

"Bisa itu digabung, bahkan 1 PC hingga 12-14 VGA," ujar dia.


Dia bilang, tingginya minat pada VGA membuatnya sulit ditemui di pasaran. Sehingga, beliau mesti memesan jauh hari untuk mendapat barang tersebut.

"Dari tamat tahun kemarin, itu pun pre-order bila nggak ada order nggak sanggup barang," tutup dia.

Sumber detik.com

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama
Header Ads
Ads2