Transaksi Bitcoin Di Indonesia Tembus Rp 1 T/Hari

Transaksi Bitcoin Di Indonesia Tembus Rp 1 T/Hari

Foto: Tim Infografis, Nadia PermatasariFoto: Tim Infografis, Nadia Permatasari

Jakarta - Cryptocurrency atau uang kripto termasuk bitcoin dikala ini menjadi pembicaraan baik di dunia maupun di dalam negeri. Termasuk marketplace menyerupai Bitcoin Indonesia mempunyai nilai transaksi yang fantastis setiap harinya.

CEO Bitcoin Indonesia Oscar Darmawan menjelaskan, dikala ini member di Bitcoin Indonesia tercatat 1,1 juta member.

"Member kami 1,1 juta, dengan total transaksi mencapai Rp 1 triliun per hari," kata Oscar dalam diskusi Lantai Bursa di IPMI International Business School, Jakarta, Jumat (2/3/2018).

Dia menjelaskan, dikala ini bitcoin.co.id sudah masuk dalam coinmarketcap peringkat 50 besar. Sekedar informasi, Bitcoin Indonesia dikala ini yaitu sebuah marketplace yang mempertemukan pembeli dan penjual yang akan bertransaksi dengan token cryptocurrency.


Bitcoin Indonesia tidak hanya menjual bitcoin tetapi ada sekitar 18 jenis uang kripto yang dipajang di bitcoin.co.id. Seperti Ethereum, Litecoin hingga Ripple.

Oscar mengungkapkan, dikala ini ada sekitar 1508 digital aset di seluruh dunia dengan kapitalisasi pasar mencapai US$ 529 miliar. Namun ia menjelaskan dari 1508 itu tidak seluruhnya aset digital tersebut higienis dari regulasi.

"Ada saja aset digital yang bermasalah, contohnya beririsan dengan multilevel marketing (MLM), saham. Karena itu kalau berminat masuk ke digital asset harus benar-benar dipelajari. Jangan hingga terjebak ke aset yang bermasalah," ujar dia.


Bitcoin dikembangkan pada 2009, namun pada selesai Agustus 2013 nilai total Bitcoinyang beredar sudah melebihi US$ 1,5 miliar dengan total transaksi pertukaran bernilai jutaan dolar setiap harinya.

Pada 2014 kemudian yakni dengan memperhatikan Undang-undang No. 7 Tahun 2011 wacana Mata Uang serta UU No. 23 Tahun 1999 yang kemudian diubah beberapa kali, terakhir dengan Undang-Undang No. 6 Tahun 2009, Bank Indonesia menyatakan bahwa Bitcoin dan virtual currency lainnya bukan merupakan mata uang atau alat pembayaran yang sah di Indonesia.

Masyarakat dihimbau untuk berhati-hati terhadap Bitcoin dan virtual currency lainnya. Segala risiko terkait kepemilikan/penggunaan Bitcoin ditanggung sendiri oleh pemilik/pengguna Bitcoin dan virtual currency lainnya.

Sumber detik.com

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama
Header Ads
Ads2