Bank Lokal Ri Diminati Asing, Ini Penyebabnya

Bank Lokal Ri Diminati Asing, Ini Penyebabnya

Foto: Rachman HaryantoFoto: Rachman Haryanto

Jakarta - Sejumlah bank di Indonesia telah dikuasaikepemilikannya oleh asing. Sebut saja yang paling gres yaitu Bank Permata yang dibeli oleh bank asal Thailand, kemudianDanamon yang dikuasai olehMUFG sampaiBTPN yang dikuasai olehSumitomoMitsui Banking Corporation (SMBC).
Pengamat perbankan Paul Sutaryono mengungkapkan Indonesia merupakan negara yang sangat menarik di mata asing. Termasuk untuk sektor keuangan khususnya perbankan.
"Memang perbankan Indonesia itu menjadi magnet untuk investor abnormal untuk menikmati legitnya madu di sektor ini," kata Paul ketika dihubungi detikcom, Rabu (18/12/2019).

Dia mengungkapkan, hal ini alasannya perbankan di Indonesia mempunyai ceruk pasar yang luas dan laba yang relatif tinggi dibandingkan dengan bank lain di luar negeri.
"Indonesia itu base nya sangat luas bagi bisnis apapun. Termasuk 85 juta generasi milenial yang jadi potensi besar," ujar Paul.
Direktur Riset CORE Indonesia Piter Abdullah mengungkapkan industri perbankan nasional dikenal sangat unik. Yakni tidak efisien tapi sangat menguntungkan.
Hal ini tercermin dari kelompok bank-bank yang mempunyai cost of fund yang rendah untuk industri perbankan. "Jadi peluang sanggup laba tinggi itu sangat besar," terang dia.

Sehingga dengan pertimbangan tersebut, bank abnormal sangat tertarik dengan bank-bank yang ada di Indonesia.
Dari data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) net interest margin (NIM) atau margin bunga higienis per September 2019 tercatat 4,9%. Atau Rp 366,31 triliun dari rata-rata aset produktif.




Simak Video "BPJAMSOSTEK Pecahkan Rekor Muri Marathon Terbanyak Kaum Difabel"
[Gambas:Video 20detik]

Sumber detik.com

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama
Header Ads
Ads2