Bicara Uu Sapu Jagat Ke Pengusaha, Airlangga: Izin Ukm Cukup Ktp

Bicara Uu Sapu Jagat Ke Pengusaha, Airlangga: Izin Ukm Cukup Ktp

Foto: Ari SaputraFoto: Ari Saputra

Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto bicara mengenai Undang-undang (UU) 'sapu jagat' atau omnibus law di hadapan pengusaha tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia.

Airlangga mengatakan, dalam omnibus law ada sejumlah terobosan yang dilakukan pemerintah mencakup sejumlah aspek. Sebutnya, dari problem perizinan, ketenagakerjaan sampai administrasi.

Khusus perizinan, lanjut Airlangga, dalam omnibus law tidak lagi berbasis izin. Melainkan, kata dia, berbasis pada risiko.

"Perizinan itu yang kunci bukan berbasis izin lagi tapi berbasis risk base," katanya di Kantor Kadin Indonesia, Jakarta, Rabu (18/12/2019).


Dia mengatakan, alasannya ialah basisnya risiko maka perjuangan kecil menengah (UKM) tak lagi membutuhkan izin. Dia menyebut, dalam omnibus law hanya diharapkan KTP untuk data ketika berusaha.

"Karena kita melihat risiko berbisnis maka untuk perjuangan kecil dan menengah, kita sudah tidak membutuhkan perizinan untuk perjuangan kecil menengah. Mereka pribadi berusaha saja, tapi mereka harus punya minimal KTP lah, nomor induk kependudukan semoga kita dapat men-trace data," jelasnya.

"Sehingga bagi perjuangan kecil menegah cukup dengan pendaftaran, registrasi itu berlaku sebagai izin edar dan sertifikasi halal. Kalau mereka berusaha menciptakan keripik ya sudah mereka pribadi dapat menjual tanpa ada kendala apa-apa," sambungnya.


Tak hanya itu, pihaknya juga menyiapkan PT Perseorangan. Di mana, nantinya pengusaha dapat menciptakan PT dengan modal terserah pengusaha.

"Gunanya apa, jikalau konglomerat atau perusahaan besar, perusahaan menengah ada bankruptcy itu tidak mengganggu ekonomi keluarga," terangnya.



Simak Video "Isu BPJS-Omnibus Law Makara Bahasan di Munas Golkar"
[Gambas:Video 20detik]

Sumber detik.com

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama
Header Ads
Ads2