Deretan Jebolan Bank Berdikari Di Bulat Erick Thohir

Deretan Jebolan Bank Berdikari Di Bulat Erick Thohir

Foto: Pradita UtamaFoto: Pradita Utama

Jakarta - Zulkifli Zaini akan menjadi Direktur Utama PT PLN (Persero). Penunjukannya dikukuhkan melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) hari ini.

Penunjukan Zulkifli menambah gugusan alumni PT Bank Mandiri (Persero) Tbk di bulat Menteri BUMN Erick Thohir. Zulkifli pernah memimpin bank pelat merah itu beberapa tahun lalu.

Berikut gugusan alumni Bank Mandiri yang ada di bulat Erick Thohir.

1. Zulkifli Zaini
Zulkifli merupakan Komisaris Independen Bank Permata yang diangkat pada 26 September 2017. Sebelumnya, ia menjabat sebagai Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk pada Juli 2010 sampai April 2013 dan Direktur Bank Mandiri pada September 2003 dan Juli 2010.

PLN juga bukan kawasan gres untuk Zulkifli. Sebab, pada Juli 2013 sampai April 2015 ia menjabat sebagai Komisaris PLN.

Ia tercatat juga pernah menjabat Komisaris Independen PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (Maret 2015 - Maret 2016). Lalu, Anggota Komite Remunerasi dan Nominasi serta Ketua Komite Pengawas Risiko di PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (Maret 2015-Maret 2016).

Selanjutnya, Komisaris Independen PT Indonesia Infrastructure Finance (Juni 2016-November 2017).

2. Budi Gunadi Sadikin
Pria yang dekat disapa BGS ini merupakan Wakil Menteri BUMN yang dilantik pada 25 Oktober 2019 lalu. Belum usang ini ia juga diangkat sebagai Wakil Komisaris Utama di Pertamina (Persero).

BGS pernah menjadi Direktur Utama PT Inalum (Persero) dan pernah menjabat sebagai Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk pada 2013-2016.

Dia merupakan Sarjana Fisika Nuklir dari Institut Teknologi Bandung (ITB) tahun 1988 serta Sertifikasi sebagai Chartered Financial Consultant (CHFC) dan Chartered Life Underwriter (CLU) dari Singapore Insurance Institute tahun 2004.

3. Kartika Wirjoatmodjo
Tiko merupakan sapaan akrabnya. Dia sekarang bersama BGS menjadi Wakil Menteri BUMN mendampingi Erick. Dia juga sebelumnya merupakan Direktur Utama Bank Mandiri.

Tiko mengenyam pendidikan sarjana S1 di Universitas Indonesia (UI) jurusan Ekonomi dan S2 di Rotterdam School of Management.

Tiko pernah menjabat sebagai Managing Director Mandiri Sekuritas pada 2011. Kemudian ia menjadi CEO Indonesia Infrastructure Finance, anak perjuangan dari PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero).

Setelah itu ia menjabat sebagai Kepala Eksekutif Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) sehabis ditunjuk oleh mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) awal 2014.

Kariernya dimulai sebagai Konsultan Pajak dan Akuntansi di RSM AAJ (1995-1996).

Selanjutnya, Tiko bekerja sebagai Analis Kredit di Industrial Bank of Japan (1996-1998), Senior Consultant di PwC Financial Advisory Services (1998-1999) dan Boston Consulting Group (2000-2003).

Pada tahun 2003, Tiko bergabung dengan Bank Mandiri sebagai Department Head Strategy & Financial Analysis di Strategy and Performance Group, dan kemudian diangkat sebagai Group Head di divisi yang sama.

Pada rapat umum pemegang saham tahunan Bank Mandiri pada tahun 2015, ayah 2 anak ini ditunjuk sebagai CFO. Saat ini Tiko juga menjadi ketua umum Perhimpunan Bank Nasional (Perbanas).



Simak Video "Ini Alasan di Balik Terpilihnya Zulkifli Zaini Kaprikornus Dirut PLN"
[Gambas:Video 20detik]

Sumber detik.com

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama
Header Ads
Ads2