Jokowi Resmikan Tol Pertama Di Ibu Kota Gres Hari Ini

Jokowi Resmikan Tol Pertama Di Ibu Kota Gres Hari Ini

Foto: Istimewa/PT Wijaya KaryaFoto: Istimewa/PT Wijaya Karya

Jakarta - Tol Balikpapan-Samarinda segera diresmikan hari ini, Selasa (17/12/2019). Peresmian tol pertama Kalimantan ini akan eksklusif dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Demikian dikutip dari keterangan resmi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT). Seksi yang akan diresmikan hari ini hanya untuk seksi 2, 3, dan 4a dengan total panjang 58,47 km.

"Jalan Tol Balikpapan-Samarinda yang akan diresmikan dimulai dari Samboja sampai Simpang Pasir," tulis BPJT.



Tol ini merupakan tol pertama Kalimantan yang juga akan bersinggungan dengan wilayah ibu kota negara (IKN) yang baru. Tol ini dibutuhkan sanggup menjadi sarana dasar pengembangan ibu kota negara baru.

"Dengan terbangunnya jalan tol akan membuat daerah perekonomian gres di Pulau Kalimantan yang akan mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah tersebut," tulis BPJT.

Adapun panjang total jalan tol ini mencapai 99,35 km. Pembangunan tol ini dibiayai santunan dari China dan investasi dari Jasa Marga. Tol yang dibangun pemerintah ialah seksi 1 dan seksi 5 sepanjang 33,11 km dan ruas investasi meliputi seksi 2, 3, dan 4 sepanjang 66,23 km.

Target jumlah kendaraan per harinya sebanyak 9.978 unit. Biaya investasi pembangunan tol ini sebesar Rp 9,97 triliun dengan masa konsesi 40 tahun, dengan tarif golongan I menurut PPJT sebesar Rp 1.000 per km.



Simak Video " Menilik Jalan Tol Pertama di Kalimantan"
[Gambas:Video 20detik]

Sumber detik.com

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama
Header Ads
Ads2