Mau Cabut Larangan Ekspor Benih Lobster, Edhy Prabowo: Bikin Polemik

Mau Cabut Larangan Ekspor Benih Lobster, Edhy Prabowo: Bikin Polemik

Foto: Anisa Indraini detikcomFoto: Anisa Indraini detikcom

Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo menegaskan bahwa hukum soal larangan ekspor benih lobster sudah tidak dapat lagi dipertahankan. Menurutnya hukum ini menjadikan polemik di masyarakat.

"Masih kita gunakan keputusan usang kok, tapi ini kan nggak dapat kita pertahankan terus. Wong polemiknya masih berkelanjutan. Kalau gitu, apa bedanya ada menteri gres sama tidak ada menteri baru? Saya tidak bicara menteri yang dulu-dulu itu tidak bagus, nggak," ucap Edhy di Kantor Kemenko Maritim dan Investasi, Jakarta Pusat, Kamis (12/12/2019).

Untuk itu ia menyampaikan bahwa sekarang ia sedang mencari jalan keluar polemik yang terjadi alasannya yaitu benih lobster. "Saya mau bicara ini ada jalan keluar yuk kita cari," tegasnya.


Soal budidaya lobster menurutnya dikala ini masyarakat terbagi dua ada yang ingin dibudidayakan, di sisi lain ada yang ingin dapat diekspor benihnya. Edhy juga bercerita hingga dikala ini di Indonesia cita-cita hidup benih lobster untuk berkembang hanya 1%.

"Wacana memang banyak, ada yg ingin bagaimana lobster ini dibudidayakan di Indonesia, ada yang ingin dapat diekspor. Lobster itu dalam pelaksanaannya, yang hidup itu dari total yang ada nggak lebih dari 1%, bahkan ada yang hitung 0,25%," kata Edhy.

Dia mengungkapkan rencananya, menurutnya nanti semua lobster tetap dibudidayakan di Indonesia, yang dibudidayakan nanti akan dikembalikan ke alam lobster usia 4 bulan sebanyak 5% dari total populasinya. Namun bila nyatanya tidak terlalu menghasilkan maka keran ekspor dibuka.

"Ada dua keseimbangan yang muncul. Nanti dari contohnya kita budidayakan di Indonesia, semuanya, misalnya. Atau bila misal nggak dapat kita kasih kuota ke luar (ekspor). Ini kan gres masukan-masukan. Nah dari semua yang dibudidaya, 5% kita kembalikan lagi ke alam sehabis sedikit besar, mungkin 3-4 bulan," ucap Edhy.


Mengenai kritik yang menghampiri Edhy soal kebijakan lobsternya, ia menanggapinya santai. Menurutnya memang semua orang butuh masukan.

"Nggak ada masalah. Saya pikir ini masukan dan aku butuh masukan ini kan banyak. Kita kan lihatnya dari dua sisi, ya nggak dapat juga dengan alasan lingkungan berkelanjutan tapi menghambat kemajuan, tapi kemajuan meninggalkan lingkungan juga tidak baik," ucap Edhy.

Simak Video "Menteri KKP Blusukan Perdana ke Muara Angke"
[Gambas:Video 20detik]

Sumber detik.com

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama
Header Ads
Ads2