Mulai Hari Ini Toko Online Dapat Daftar Ulang Izin Perjuangan Ke Kemendag

Mulai Hari Ini Toko Online Dapat Daftar Ulang Izin Perjuangan Ke Kemendag

Foto: Tim Infografis/Zaki AlfarabiFoto: Tim Infografis/Zaki Alfarabi

Jakarta - Pemerintah menyebut para pelaku perjuangan online mulai hari ini sanggup melaksanakan registrasi ulang izin perjuangan kepada Kementerian Perdagangan (Kemendag). Hal tersebut seiring diterbitkannya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 80 Tahun 2019 wacana Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PMSE).

Aturan ini mengatur soal kewajiban para pelaku perjuangan atau pedagang online untuk mempunyai izin usaha. Hari ini, Senin (9/12/2019), aturan ini juga disosialisasikan oleh Kementerian Perdagangan kepada para pelaku bisnis online. Pasalnya, dari Kemendag pun masih ada aturan turunan dari PP 80 tahun 2019.

"Sekarang sudah membahas dengan seluruh stakeholder dan rapat kecil dengan idEA (asosiasi e-commerce Indonesia), impian kami Permendag dalam waktu cepat dan sanggup diterapkan," kata Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Suhanto di Hotel Borobudur, Jakarta, Senin (9/12/2019).



Suhanto menjelaskan, daftar ulang izin perjuangan kepada Kementerian Perdagangan dimudahkan, khusus pelaku perjuangan kecil bersifat perorangan cukup dengan menunjukkan kartu tanda penduduk (KTP) dan untuk sekala perjuangan menengah menunjukkan surat izin perjuangan perdagangan (SIUP).

"Bagi UMKM mikro, jikalau kini sudah punya SIUP dari industri cukup dengan itu, kita tidak akan menambah dan memberatkan pelaku perjuangan sehingga memudahkan semua pelaku usaha. Bagi pelaku perorangan cukup dengan KTP mereka sudah sanggup daftar secara online dan akan dimudahkan," ujarnya.

Suhanto mengungkapkan bahwa tujuan dari daftar ulang ini biar pemerintah sanggup mengawasi seluruh pelaku perjuangan perdagangan online.


"Kalo mikro tidak butuh tubuh hukum, tapi jikalau marketplace wajib daftar ulang sebab PLB (pusat logistik berikat) masih beda-beda jadi kita akan satukan. Intinya kita ingin monitor para pelaku perjuangan punya ketentuan hukum," terang dia.




Simak Video "Marak Toko Online dan Dampaknya dengan Pedagang ITC Roxy Mas"
[Gambas:Video 20detik]

Sumber detik.com

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama
Header Ads
Ads2