Ratu Apotek Berharta Rp 16 Triliun

Ratu Apotek Berharta Rp 16 Triliun

Vivian Que Azcona. Foto: Dok. ForbesVivian Que Azcona. Foto: Dok. Forbes

Jakarta - Vivian Que Azcona yaitu perempuan asal Filipina yang mengantongi kekayaan, berdasarkan data Forbes, sampai US$ 1,5 miliar atau sekitar Rp 16 triliun (kurs Rp 13.973). Kekayaannya ia peroleh dari bisnis ritel apotek ternama di Filipina, yakni Mercury Drug. Dilansir dari Entreprises Asia, Mercury Drug mempunyai lebih dari 1.000 gerai yang tersebar di seluruh Filipina.

Vivian yaitu anak tertua dari Mariano Que, pendiri Mercury Drug. Mengikuti bidang yang digeluti ayahnya, Vivian pun mengambil jurusan kuliah farmasi di Universitas Santo Thomas.

Vivian yang memperoleh predikat cumlaude atau lulusan terbaik juga tak butuh waktu usang untuk memperoleh hasil ujian lisensi farmasi. Usai memperoleh lisensi, Vivian pribadi mempelajari rantai distribusi pengecer farmasi.

Di bawah pengawasan pribadi dari Dr. Que, ia berguru bisnis dan meningkatkan kariernya, mulai dari pergudangan sampai distribusi, dari inventaris dan pengendalian stok sampai operasi toko, tak lupa juga perdagangan sampai pemasaran, pengembangan dan training SDM sampai penelitian, keuangan, dan administrasi keseluruhan untuk mempersiapkan dirinya ketika menerima jabatan tinggi di perusahaan.

Pada tahun 1980, Vivian ditunjuk sebagai Asisten Manajer Umum. Kemudian Wapres dan Manajer Umum pada tahun 1984, dan alhasil menjadi Presiden pada tahun 1998. Di bawah kepemimpinannya, Mercury Drug telah bermetamorfosis lebih dari 1.000 gerai di seluruh Filipina.

Secara keseluruhan, Mercury Drug kini mempekerjakan jumlah apoteker terbesar di Filipina dan menyerap jumlah mahasiswa magang farmasi terbanyak.

Semua lebih dari 12.000 karyawan Mercury Drug menikmati sumbangan yang besar. Setiap orang menerima kompensasi tidak hanya ketika dipekerjakan, tetapi untuk sisa hidup mereka sehabis pensiun.

Pendidikan berkelanjutan juga diberikan kepada karyawan. Vivian menempatkan tim training yang sangat kompeten dan kemudahan training modern untuk training apoteker dan frontliner sepanjang tahun untuk memastikan layanan pelanggan yang luar biasa.

Setiap pekan, Vivian bertemu dengan tim manajemennya, untuk mendiskusikan membuatkan ide, kepedulian, dan pekerjaan umum Mercury Drug, juga meningkatkan layanannya untuk pelanggan dengan menggaet Gamot Padala. Layanan tersebut mengatakan pesanan online, sehingga sanggup kapan pun dan di mana pun, sampai jasa pengiriman.

Lanjut ke halaman berikutnya


Simak Video "Inspiratif! Dari Tugas Skripsi Menjadi Bisnis Produk Kulit"
[Gambas:Video 20detik]

Sumber detik.com

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama
Header Ads
Ads2