Respons Faisal Basri Soal Benih Lobster, Edhy Prabowo: Jangan Mengecam!

Respons Faisal Basri Soal Benih Lobster, Edhy Prabowo: Jangan Mengecam!

Foto: Anisa Indraini detikcomFoto: Anisa Indraini detikcom

Jakarta - Pengamat Ekonomi Faisal Basri mengkritik keras perihal pencabutan larangan ekspor benih lobster dari Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo. Menanggapi kritik Faisal, Edhy meminta biar pengamat ekonomi senior itu tak hanya mengecam, namun juga sanggup memperlihatkan masukan.

"Ya silakan saja bila memang mereka merasa itu, jangan mengecam saja dong, kasih masukan. Kan nggak usah kita saling berhadapan, kita ini kan hanya mengurusi negara," ungkap Edhy di kantor Lemhannas, Jakarta, Rabu (11/12/2019).

Menurut Edhy, ekspor benih lobster ini menyangkut kehidupan banyak orang, dan juga sanggup menghasilkan devisa negara.

"Saya sendiri bila sanggup memutuskan sendiri, aku siap kok untuk diekspor. Kenapa? Kalau memang itu menghasilkan untuk bangsa, dan ini bukan kepentingan pribadi. Devisa negara yang akan muncul, rakyat yang tadinya tergantung sanggup hidup lagi. Banyak hal," terperinci Edhy.

Ia pun menyampaikan bahwa larangan ekspor benih lobster hanya mengakibatkan banyak praktik penyelundupan. Dari pada penyelundupan diteruskan, ia menentukan untuk membuka keran ekspor tersebut.

"Kita cek hingga ke Vietnamnya. 80% benih lobster yang ada di Vietnam itu dari Indonesia. Dan mereka setiap hari ekspor 70 ton lobster ke seluruh dunia. Ini mau dibagaimanakan? Ini akan terus berjalan, dan Vietnam tak akan diam. Dia akan terus berusaha dan aku nggak mau menghabiskan energi untuk mengawal penyelundupan, sementara kita ada cara lain," papar dia.

Untuk informasi lingkungan, Edhy menegaskan bahwa pihaknya akan tetap menjaga kelestarian laut.

"Makanya ada politik jalan tengah yang harus kita tempuh. Nggak sanggup semuanya ngotot atas dasar lingkungan. Mengenai lingkungan Anda harus yakin bahwa aku memimpin KKP tidak untuk merusak lingkungan. Saya akan terdepan untuk membela lingkungan," ucapnya.



Simak Video "Penyelundupan Benih Lobster Rp 66 Miliar ke Singapura Digagalkan!"
[Gambas:Video 20detik]

Sumber detik.com

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama
Header Ads
Ads2