Siap-Siap! Hukum Teknis Izin Perjuangan Toko Online Terbit Hari Ini

Siap-Siap! Hukum Teknis Izin Perjuangan Toko Online Terbit Hari Ini

Foto: Tim Infografis: Zaki AlfarabiFoto: Tim Infografis: Zaki Alfarabi

Jakarta - Pemerintah telah menerbitkan hukum yang mewajibkan para pelaku perjuangan atau pedagang online untuk mempunyai izin usaha. Aturan ini terangkum dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 80 Tahun 2019 ihwal Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PMSE).

Hari ini, Senin (9/12/2019), hukum ini akan disosialisasikan oleh Kementerian Perdagangan kepada para pelaku bisnis online. Pasalnya, dari Kemendag pun masih ada hukum turunan dari PP 80 tahun 2019.

Para pelapak online pun akan berkumpul dalam program Forum e-Commerce Indonesia 2019 yang akan diselenggarakan di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat. Dari kegiatan kegiatan yang diterima awak media, Menteri Perdagangan Agus Suparmanto pun dijadwalkan menghadiri program ini.

Setidaknya ada dua kegiatan besar yang akan dilaksanakan. Utamanya ialah sosialisasi PP no 80 tahun 2019, di samping itu para pelapak online juga akan melaksanakan peluncuran Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas).


"Penyelenggaraan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) akan resmi diluncurkan Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Agus Suparmanto bersamaan dengan penyelenggaraan Forum e-Commerce Indonesia," isi usul yang disebar Asosiasi e-Commerce Indonesia (idEA).

Sebelumnya, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Suhanto menyatakan akan mensosialisasikan PP no 80 tahun 2019 pada hari ini. Untuk itu, ia mengimbau para pengusaha untuk tiba dalam lembaga tersebut semoga tidak ketinggalan informasi soal hukum gres ini.

"Tanggal 9 tiba ke Borobudur, nanti infonya update di situ. Tanggal 9 nanti Pak Menteri yang menyampaikan. Kita sampaikan poin-poin PP-nya. Kan sudah terbit, tinggal Permendagnya, turunannya," ucap Suhanto, usai menghadiri Penghargaan Laporan Keuangan Tahunan Perusahaan 2019 di Balai Kartini, Jakarta, Rabu (4/12/2019) lalu.



Simak Video "Divestasi Saham Freeport Selesai Akhir Juli"
[Gambas:Video 20detik]

Sumber detik.com

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama
Header Ads
Ads2