Tekan Tombol Sirene, Joko Widodo Resmikan Tol Pertama Kalimantan 58 Km

Tekan Tombol Sirene, Joko Widodo Resmikan Tol Pertama Kalimantan 58 Km

Tekan Tombol Sirene, Jokowi Resmikan Tol Pertama Kalimantan 58 KmTekan Tombol Sirene, Jokowi Resmikan Tol Pertama Kalimantan 58 Km

Balikpapan - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi membuka tol pertama Kalimantan yang menyambungkan kota Balikpapan dan Samarinda. Seksi yang dibuka ketika ini ialah seksi 2, 3, dan 4a dari Samboja sampai Simpang Pasir sepanjang 58,47 km.

Jokowi ditemani oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri PPN Suharso Monoarfa, dan Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani. Tombol sirene yang ditekan Jokowi menandai diresmikannya pengoperasian tol cikal bakal Trans Kalimantan tersebut.

"Dari 5 seksi yang ada, telah final 3 seksi sepanjang 58 km dari total 99,3 km. Makara kurang 2 seksi lagi," kata Jokowi di Kalimantan Timur, Selasa (17/12/2019).


Jokowi bilang, tol ini akan rampung secara penuh pada April 2020 mendatang. Kehadiran tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) dibutuhkan mempersingkat waktu tempuh kedua kota terbesar di Kaltim tersebut dan membantu efisiensi arus logistik.

"Kita harapkan dari pembangunan ini kecepatan efisiensi bagi mobilitas orang maupun barang, logistik semua sanggup betul-betul kita dapatkan," katanya.

Pembangunan tol ini dibiayai pertolongan dari China dan investasi dari Jasa Marga. Tol yang dibangun pemerintah ialah seksi 1 dan seksi 5 sepanjang 33,11 km dan ruas investasi meliputi seksi 2, 3, dan 4 sepanjang 66,23 km.

Target jumlah kendaraan per harinya sebanyak 9.978 unit. Biaya investasi pembangunan tol ini sebesar Rp 9,97 triliun dengan masa konsesi 40 tahun, dengan tarif golongan I menurut PPJT sebesar Rp 1.000 per km.



Simak Video "Tiga Keinginan Jokowi Usai Resmikan Tol Balikpapan-Samarinda"
[Gambas:Video 20detik]

Sumber detik.com

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama
Header Ads
Ads2